Cara Makan Sehat menurut Rosululloh

22 September 2011

Catatan komprehensif yang meliputi kualitas yang paling penting dari Nabi (Shallallahu 'alaihi wa sallam) dalam hal makanan dan diet.


Hal ini cukup untuk anak Adam untuk makan beberapa suap, untuk menjaga tidak kekenyangan dan kelaparan juga kehausan. Jika ia harus melakukan itu (mengisi perutnya), kemudian biarkan dia mengisi sepertiga dengan makanan, sepertiga dengan minuman dan sepertiga dengan udara.(Ibnu Qayim Al Jawijiyyah)


MAKANAN:[1]: Ketika ia meletakkan tangannya dalam makanan, dia akan berkata, "kata Bismillaah (dengan Nama Allah),''dan ia orang untuk mengatakan ini ketika makan. Dia berkata, "Jika salah seorang dari kalian makan, biarkan dia menyebut nama Allah. Jika ia lupa menyebut nama Allah di awal, biarkan dia berkata 'Bismillaahi biaya awwalihi wa aakhirihi,' (dengan nama Allah, di awal dan di ujungnya) 


"[2]. Pandangan yang benar adalah bahwa hal itu adalah wajib untuk menyebutkan nama Allah (katakanlah Bismillaah) ketika makan. Hadits-hadits yang menyatakan ini adalah shahih (otentik) dan jelas, dengan tidak ada kontradiksi di dalamnya.

[2]: Ketika ia mengangkat makanan ke mulutnya, dia akan berkata, "Al-hamdu lillaahi Hamdan katheeran tayyiban mubaarakan feehi, ghayra [makfiyyin wa laa] muwadda'in, wa laa mustaghnan 'anhu Rabbanaa' azza wa jall pujian Semua adalah untuk Allah, pujian dalam kelimpahan, baik dan diberkati. Hal ini tidak bisa [menjadi conpensated untuk, juga tidak dapat] yang akan ditinggalkan, juga tidak bisa dilakukan tanpa, Tuhan kita. [3]

[3]: Dia tidak pernah mengkritik makanan sama sekali. Jika dia menyukainya, dia akan memakannya, dan jika ia tidak menyukainya, dia akan meninggalkan itu dan tidak mengatakan apa-apa. [4] Atau ia mengatakan, "Saya tidak merasa seperti makan ini." [5]

[4]: Kadang-kadang ia akan memuji makanan, seperti ketika ia meminta keluarganya untuk makanan, dan mereka mengatakan, "Kami memiliki apa-apa kecuali cuka." Dia bertanya untuk itu dan mulai memakannya, berkata, "Apa makanan yang baik adalah cuka ". [6]

[5]: Ia digunakan untuk berbicara sementara dia makan, seperti yang terlihat dari laporan yang dikutip di atas tentang cuka. Dan ia berkata kepada anak tirinya 'Umar Ibnu Abi Salamah (radiyallaahu' anhu) ketika ia sedang makan dengan dia: "Katakanlah Bismillaah dan makan dari apa yang ada di depan Anda dalam piring''[7].


[6]: Dia berulang kali akan mendesak tamu untuk makan, sebagai tuan rumah dermawan lakukan, dan seperti yang terlihat dalam hadits Abu Hurairah (radiyallaahu 'anhu), diriwayatkan oleh al-Bukhari, tentang kisah minum susu, di mana ia berulang kali berkata kepadanya, "Minumlah," dan ia terus mengatakan kepadanya untuk minum sampai dia (tamu) mengatakan, [8] "Demi Siapa yang mengirimmu dengan kebenaran, saya tidak punya lebih banyak ruang untuk itu!"

[7]: Ketika ia makan dengan orang lain, dia tidak akan pergi sampai ia telah membuat doa (permohonan) bagi mereka. Dia membuat doa di rumah Abdullah Ibnu Bisyr, dan berkata: ". Ya Allah, berkatilah bagi mereka yang Anda telah disediakan untuk mereka, mengampuni mereka dan merahmati mereka" [9]

[8]: Dia memerintahkan orang-orang untuk makan dengan tangan kanan mereka dan melarang mereka untuk makan dengan tangan kiri mereka. Dia berkata, "setan itu makan dengan tangan kiri dan minuman dengan tangan kiri." [10] Ini berarti bahwa makan dengan tangan kiri adalah haram (melanggar hukum), dan ini adalah pandangan benar, karena orang yang makan dengan-Nya tangan kiri adalah salah satu setan (iblis), atau dia meniru setan. Itu juga dilaporkan dalam sebuah hadits otentik bahwa ia mengatakan kepada seorang pria yang sedang makan dengan tangan kirinya di hadapannya, "Makanlah dengan tangan kanan Anda!" Kata pria itu, "Aku tidak bisa." Dia berkata, "Semoga Anda tidak pernah dapat untuk, "dan pria itu tidak pernah mengangkat tangan kanannya ke mulutnya setelah itu. [11] Jika itu diizinkan (untuk makan dengan tangan kiri), ia tidak akan berdoa melawan dia untuk melakukannya. Itu adalah kesombongan pria itu keras kepala yang membuatnya menolak untuk mematuhi perintah, dan ini adalah ketidaktaatan yang paling pantas doa ini terhadap dirinya.

[9]: Dia memerintahkan orang-orang yang mengeluh bahwa mereka tidak pernah merasa kenyang untuk makan bersama dan tidak secara terpisah, dan untuk menyebut nama Allah (katakanlah Bismillaah) atas makanan sehingga Ia bisa memberkati untuk mereka. [12]
[10]: Ia juga melaporkan bahwa ia berkata, [13] "Saya tidak makan berbaring."

[11]: Ia digunakan untuk makan menggunakan tiga jari pertama (dari tangan kanan), yang merupakan cara terbaik untuk makan.

PANDUAN TENTANG CARA MAKAN NABI  :

[1]: Nabi (Shallallahu 'alaihi wa sallam) digunakan untuk mengetahui apa yang ia makan.

[2]: Ia digunakan untuk makan apa yang baik baginya.

[3]: Ia digunakan untuk makan cukup untuk membuatnya pergi, tapi tidak begitu banyak untuk membuatnya gemuk. Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi (Shallallahu 'alaihi wa sallam) berkata, "Orang beriman makan dalam satu perut sementara kafir yang makan dalam tujuh." [14]

[4]: Dia mengajarkan sesuatu umat untuk melindungi mereka dari penyakit yang disebabkan oleh makan dan minum. Dia berkata, "Anak Adam tidak mengisi setiap kapal yang lebih buruk daripada perutnya. Hal ini cukup untuk anak Aadam untuk makan beberapa suap, untuk menjaga dia pergi. Jika ia harus melakukan itu (mengisi perutnya), kemudian biarkan dia mengisi ketiga dengan satu makanan, sepertiga dengan minuman dan sepertiga dengan udara. "[15]


Catatan kaki:

[1] Zaadul Ma'aad-(hal. 2/397-406)
[2] Shahih: Terkait oleh at-Tirmidzi (no. 1859) dan Abu Dawud (no. 3767).
[3] Related oleh al-Bukhari (no. 5142)
[4] Terkait Al-Bukhari (no. 3370) dan Muslim (no. 2064).
[5] Terkait oleh al-Bukhari (no. 5076) dan Muslim (no. 1946).
[6] Related Muslim (no. 5052)
[7] Terkait Al-Bukhari (no. 5061) dan Muslim (no. 2022).
[8] Diriwayatkan oleh al-Bukhari (no. 6087)
[9] Terkait Muslim (no. 2042)
[10] Terkait Muslim (no. 2020)
[11] Terkait Muslim (no. 2021)
[12] Shahih: Diriwayatkan oleh Abu Dawud (3764) dan Ibnu Majah (3286).
[13] Related oleh al-Bukhari (no. 5083)
[14] Related oleh al-Bukhari (no. 5081) dan Muslim (no. 2060).
[15]: Shahih: Terkait oleh at-Tirmidzi (no. 1381) dan Ibnu Majah (no. 3349). Ini telah dikonfirmasi oleh Syaikh Muhammad Naasirud-Din Al-Albaanee dalam Silsilatul-Ahaadeethus-Shahihah (no. 2265).


ShareThis