Keselarasan antara Tubuh dan Jiwa.

22 September 2011
Dualisme antara tubuh dan jiwa sangat jelas dalam dunia fisik. Tubuh adalah tunduk dan jiwa yang bertanggung jawab (dunia dan akhirat), namun keduanya sangat diperlukan. Itu hanya bahwa jiwa adalah Raja sementara tubuh adalah hamba yang patuh.


Orang-orang memiliki kebiasaan membiarkan diri mereka menjadi sepenuhnya terserap dalam memenuhi kebutuhan fisik mereka untuk sama sekali mengabaikan yang spiritual mereka, yang jarang begitu banyak sebagaimana dimaksud.

Kita hanya perlu melihat sejumlah besar lembaga yang ada untuk menangani aspek-aspek material fisik dari hidup kita dibandingkan dengan kekurangan yang fokus dalam kebutuhan jiwa.

Tubuh memiliki hak dan tuntutan pada kita. Namun apa yang tidak layak tubuh memiliki tanpa jiwa? Ini adalah mayat belaka (mayat hidup), tidak peduli seberapa kuat atau indah itu dibangun. Jika jiwa berangkat dari itu, ia menjadi sekam yang terbuang. Keindahannya hanya dapat direalisasikan dalam kemitraan dengan jiwa.

Jika kita melihat ke menerapkan konsep ini dalam konteks Islam yang benar, kita segera melihat bahwa empat pilar tindakan utama dari ibadah - doa, puasa, zakat, dan haji - dan bahkan segala bentuk ibadah, memerlukan partisipasi keselarasan baik tubuh dan jiwa.

Namun, hal yang patut disesalkan yang menimpa Ahli Kitab - para pengikut Musa dan Yesus (damai besertanya keduanya) - serta banyak dari pengikut Muhammad (saw) - adalah bahwa menjadi terlalu peduli dengan penampilan luar (fisik menjadi prioritas) dengan mengorbankan substansi. Ada kekhawatiran lebih lanjut tentang tindakan tubuh daripada ada dengan jiwa. Kepedulian terhadap aspek-aspek lahiriah dari ibadah adalah sesuatu yang baik (meskipun pada waktu itu bisa keluar dari hati dan jiwa), namun perhatian tersebut tidak harus menghasilkan makna batin dari ibadah kita yang terlupakan.

Aspek fisik dari doa-doa dalam sholat 5 waktu dan sunah menekankan, ruku, duduk, dan sujud. Ini adalah gerakan tubuh. Inilah aspek-aspek doa yang kebanyakan Muslim belajar dan berkomitmen untuk memori, dan semoga Allah meridhoi tubuh dan jiwa kita. Ini adalah hal yang umumnya mereka bertanya tentang jiwa dan tubuh, kadang-kadang tidak bisa di ucapkan dan digambarkan dengan sangat rinci.

Aspek spiritual doa dan pengabdian kita kepada Allah SWT adalah, kerendahan hati, dan penyerahan TOTAL kepada Allah SWT dengan tulus penuh tanpa syarat dan pengabdian. Hal ini menuntut pengakuan jiwa dan tubuh atas kebesaran Allah dan keilahian yang menginspirasi kita dengan rasa hormat dan kagum kepada Sang Maha Diraja.

Apakah ada hubungan antara kepedulian terhadap aspek fisik dari doa dan perhatian kita untuk rohani? Memang, ada. Ketika kita melaksanakan aspek-aspek lahiriah dari doa, kita, tanpa diragukan lagi, menaati Tuhan kita dan memenuhi perintah-Nya dengan menjunjung tinggi salah satu pilar dari iman kita.

Pada saat yang sama, tidak seharusnya kita tahu mengapa Tuhan kita, dalam kebijaksanaan yang tak terbatas, memerintahkan kita untuk shalat di waktu-waktu tertentu dalam suatu cara yang ditentukan? Haruskah kita tidak bertanya-tanya tentang efek bahwa doa harus memiliki pada orang kita dan kehidupan kita?

Hal yang sama dapat dikatakan untuk berpuasa. Mengapa kita berpuasa? Sesungguhnya Allah tidak membutuhkan puasa kita!

Allah berfirman: "Wahai manusia! Anda membutuhkan Allah dan Dia bebas dari semua keinginan, layak pujian "[Surah Faathir: 15].

Nabi (saw) mengatakan: ". Barangsiapa tidak meninggalkan dari ucapan salah dan perbuatan jahat, maka Allah tidak membutuhkan-Nya meninggalkan dari makanan dan minumannya" [Sahih al-Bukhari (1903)]

Kita tahu bahwa Allah tidak memerlukan Ibadah kita untuk berhenti makan dan minum dalam hal apapun, bahkan ketika kita menjauhkan diri dari kata-kata palsu (munafik) dan perbuatan palsu.

Nabi (saw) mengatakan, menyampaikan kepada kita kata-kata Tuhannya: "Wahai hamba-Ku! Jika Anda pertama dan terakhir dari Anda, Anda manusia dan jin dari Anda datang bersama-sama sebagai hati dari orang yang paling saleh di antara kamu, itu tidak akan meningkatkan kekuasaan saya dalam sedikitpun. Wahai hamba-Ku! Jika Anda pertama dan terakhir dari Anda, Anda manusia dan jin dari Anda datang bersama-sama sebagai hati dari orang yang paling berdosa di antara kamu. Ini tidak akan mengurangi kekuasaan saya dalam sedikitpun"[Sahih Muslim (2577)].

Tentu puasa tidak diresepkan untuk menghukum kita dan membuat kita menderita kelaparan dan haus.

Tentu tidak, karena Allah berkata: "Apa yang bisa Allah akan menyiksamu Anda jika Anda bersyukur dan Anda percaya, dan Allah adalah bersyukur dan semua Maha mengetahui." [Surat Al-Nisaa ': 147]

Nabi (saw), selama ziarah, melihat seorang pria tua yang didukung pada kedua sisi dengan dua putranya. Nabi (saw) bertanya: "Apa yang terjadi dengan dia?"

Mereka berkata: "Dia telah mengambil sumpah untuk berjalan."

Nabi (saw) berkata: "Allah tidak membutuhkan pria ini yang menghukum dirinya sendiri." Kemudian ia memerintahkan orang untuk naik. [Sahih al-Bukhari (1865) dan Sahih Muslim (1646)]

Apakah puasa, maka, diresepkan bagi kita untuk mencapai berkat dan penghargaan?

Tanpa keraguan, adalah Allah melimpahkan pahala besar kepada hamba-hamba-Nya untuk puasa mereka. Nabi (saw) berkata: "Barangsiapa puasa dalam pahala iman yang mencari, semua dosa-dosa sebelumnya akan diampuni." [Sahih al-Bukhari (38) dan Sahih Muslim (716)]

Namun, penghargaan dan berkat yang kita terima untuk yang puasa, doa-doa kita, dan kasihnya adalah hadiah Allah kepada kita untuk mendorong kita untuk melakukan perbuatan baik.

Pertanyaannya tetap: Mengapa kita berpuasa? Mengapa kita mendapatkan seperti pahala yang besar untuk melakukannya? Mengapa kita berdoa dan memulai haji?

Seperti yang saya lihat, kita melakukannya untuk dua tujuan:

Yang pertama adalah untuk mengembangkan iman kita dan membangun karakter moral kita atas dasar kesalehan dan kepastian. Allah berfirman tentang puasa: "Hai orang beriman! Puasa diresepkan untuk Anda seperti yang ditentukan untuk orang-orang sebelum Anda, bahwa mungkin Anda mungkin bertakwa "[Surah al-Baqarah: 183].

Tentang doa, Allah berfirman: "Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar." [Surah al-`Ankabût: 45]

Tentang Haji, Dia mengatakan: "Dan biarlah ada ada kecabulan, kejahatan, atau perdebatan dalam haji." [Surah al-Baqarah: 197]

Allah berfirman tentang membayar zakat: ". Ambillah zakat dari kekayaan mereka, yangtelah Anda dapat membersihkan mereka dan mensucikan mereka" [Surah al-Taubah: 103]

Makna ini dapat dilihat dalam semua tindakan ibadah. Mereka semua berusaha untuk membangun karakter seseorang dan sempurna perilaku moral, keyakinan, dan imannya. Ibadah kami bertujuan untuk membersihkan dan memperbaharui hati kita, membuat mereka bebas dari sifat dasar seperti penipuan, ketamakan, kebencian, dan munculnya birahi tanpa kendali iman.

Tujuan kedua dari ibadah kita untuk mereformasi hubungan antara orang dan lain-lain. Dengan mengembangkan karakter seseorang dan menumbuhkan dalam dirinya nilai-nilai tertentu, hasil ibadah seseorang dalam bukunya menjaga hak orang lain pada setiap tingkat interaksi yang mungkin.

Ini termasuk hubungan antara suami dan istri, orangtua dan anak, dan juga antara tetangga dan antara yang diperintah dan yang memerintah mereka. Bahkan hak-hak hewan dan lingkungan dijaga dengan cara ini. Islam membawa nilai-nilai dengan itu mengatur perilaku seorang Muslim terhadap segala sesuatu yang mengelilingi dia.

Semua ibadah yang diresepkan untuk kemanusiaan n manifestasi sebelumnya agama dan dalam Islam adalah bagian dari satu program yang dirancang untuk memenuhi dua tujuan: untuk membangun individu dan untuk mengembangkan hubungan dengan orang lain.

Apa arti puasa miliki untuk orang yang hanya menjauhkan makanan dan minuman, dan kenikmatan lainnya yang sah dalam keadaan normal, hanya untuk terlibat dalam tindakan terlarang seperti berbicara kebohongan dan menganiaya orang lain? Berapa banyak buruk itu untuk terlibat dalam hal-hal yang melanggar hukum di bulan Ramadhan, dan mungkin bahkan di siang hari saat puasa? Bagaimana untuk seperti orang yang menjalani kehidupan ganda, ibadah benar-benar bercerai dari kehidupan sehari-harinya, karena tidak berpengaruh pada berurusan dengan orang lain?

Kami memiliki hak untuk bertanya kepada diri sendiri dengan sungguh-sungguh: Ketika akan menyembah perubahan kita dari yang hanya sekedar suatu tindakan lahiriah menjadi realitas yang kaya makna dan yang membawa dengan itu tujuan dalam dan mulia? Kapan ibadah kita mulai mempengaruhi kepribadian kita, membangun kita menjadi orang-orang yang memiliki integritas yang memenuhi kewajiban mereka, mengakui keadaan sendiri.

kekurangan, dan berusaha untuk memperbaiki diri sebelum bergegas untuk menilai orang lain?

Hanya anda ibadah yang baik kita bisa mengambil makna penuh.


di sarikan ceramah : Sheikh Salman al-Oadah

ShareThis