Doa Perlindungan dari Sayyidina Al Khidir Alaihissalam

13 October 2011





Bismillahirrahmanirrahim


Bismillaahi maasya Allaah laa ya suuqul khayra illallaah,
Bismillaahi maasya Allaah laa yahrifus suu-a illallaah,
Bismillaahi maasya Allaah maa kaana min ni'matin faminaAllah,
Bismillaahi maasya Allaah laahawlaa wala quwwata illa billah,

Artinya:
Dengan Nama Allah tidak ada yang dapat mendatangkan kebaikan selain Allah,
Dengan Nama Allah tidak ada yang dapat menghadirkan kejelekan selain Allah,
Dengan Nama Allah segala Kenikmatan adalah dari Allah,
Dengan Nama Allah, Tidak ada Daya dan Upaya selain dengan Pertolongan Allah

Menurut sebagian riwayat mengatakan bahwa Nabi Khidir as adalah sebuah nama julukan yang diberikan kepada hamba Allah yang saleh, sedangkan nama Khidir yang dikisahkan dalam Al-Qur'an ada yang memanggilnya Khadir, Al-Khadir atau Al-Khidir. Ada beberapa riwayat yang mengatakan tentang beberapa kelebihan yang dimiliki oleh hamba Allah yang saleh dan beribadah sehingga hamba itu dipanggil dengan nama "Khidir". 

Dari beberapa versi mengatakan bahwa Nabi Khidir as adalah :

Dari Asabath Ibnu Asakir mengatakan bahwa As-Sayyidi berkata: Dia (Khidir) adalah salah seorang putra raja, dia adalah pemuda yang taat beribadah kepada Allah Swt. Pada suatu saat dia melarikan diri dari istana, karena tidak mau dikawinkan oleh orang tuanya dengan seorang gadis pilihan orang tuanya itu dan setelah itu Khidir tidak pernah ditemukan lagi.

dalam kitab Al-Ifrad oleh Dariqutni dan Ibnu Asakir diriwayatkan oleh Ibnu Abbas : Khidir adalah salah seorang anak cucu Adam yang taat beribadah kepada Allah Swt. dan ditangguhkan ajalnya.

dalam Fathul Bari Juz VI, Al-Bidayah dan Nihayah dan Ruhul Ma'ni Juz XV : Ibnu Khidir berasal dari Romawi dan orang tuanya berasal dari Persia.

Kata Al-Alussi : Aku tidak membenarkan semua sumber yang menyatakan tentang riwayat asal usul Khidir, tetapi An-Nawawi menyebutkan bahwa Khidir adalah salah seorang putra raja.

Wallaohu a'lam bishowab.



By Luciola E. Jovita dari berbagai sumber.

ShareThis