Tauhid Islam (Monoteisme Islam)

27 October 2011

Apakah sudut pandang Islam tentang kesempurnaan manusia? Ketika banyak sekolah menyimpulkan beberapa pemikiran tentang suatu keinginan untuk membangun pemikirannya, maka tujuan Islam adalah sama sebagai tujuan sejatinya seorang Muslim. Berbagai pandangan mengenai kesempurnaan manusia dan makhluk yang sempurna telah dibahas beberapa ahli dan rumusannya, dan ini suatu kesimpulan dari mereka yang akan saya paparkan sebagai berikut:


Menurut kaum gnostik, kebenaran adalah dasar dari segala sesuatu. Dengan kebenaran, mereka berarti meyakini esensi Tuhan, dan manifestasiNya adalah bentuk hal-hal yang diciptakan dan  seperti makhluk Manusia, juga, sebagai kesempurnaan makhluk yang Hidup lebih sehat melalui kembali kepada-Nya ,  tapi kebenaran yang Mutlak hanya milik Tuhan, sementara dalam dirinya sendiri itu adalah kenyataan. Tuhan berarti Tuhan yang mutlak, dan tidak ada yang sama dan sebanding dengan Dia, Mereka juga percaya bahwa manusia dapat mencapai KESATUAN dengan Tuhan, atau, sebagaimana yang mereka katakan, dapat dimusnahkan dalam hakikat-Nya. Manusia adalah makhluk, terpisah dari Asal-Nya, kesempurnaan manusia dan sebahagiaan terdiri dan dari kembalinya ke asal esensi Allah. Mereka juga menawarkan cara-cara dan sarana untuk mencapai tujuan ini, dan ini terletak melalui seluruh esensi manusia, yaitu, hatinya dan perubahan serta transformasi yang menghilangkan hambatan  untuk kesatuan yang sempurna. Berarti mereka terdiri dari cinta, ibadah dan ketulusan diri.

Filusuf Ilahi, bagaimanapun, ia berpikir beda, Mereka menganggap esensi manusia untuk menjadi intelektual, dan hal-hal lain adalah hal sekunder, Kesempurnaan, kekuatan intelektual memiliki dua aspek: spekulatif dan praktis. Aspek spekulatif atau teoritis adalah kebijaksanaan yang berarti pengakuan hal-hal sebagaimana adanya, dan aspek praktis adalah keadilan, yang mana mereka berarti esensi orang itu harus dikuasai oleh intelek dan bukan dengan insting atau kekuatan lain, Menurut Plato, Teori poin Republik untuk sebuah utopia di mana filsuf menjadi penguasa dan filsuf penguasa, teori ini juga diterapkan untuk individu, dan dikatakan bahwa manusia senang ketika bahan dasarnya dikuasai oleh filsafat, Bagi mereka, pencapaian kebenaran tidak dalam pertimbangan, mereka menekankan pemikiran dan refleksi, bukan hati dan jiwa, Cara untuk mencapai tujuannya adalah dengan kecerdasan, logika dan penalaran.

Kelompok lain menganggap cinta akan kesempurnaan manusia, dan itu berarti melupakan diri sendiri dan untuk mencintai orang lain, sehingga tidak akan ada batas antara diri dan orang lain, dan ketika ada pertanyaan pilihan, yang lain memiliki prioritas atas diri sendiri. Sebuah makhluk yang mulia sentimen bernama manusia telah dikembangkan untuk membatasi mereka, dapat dianggap sebagai yang sempurna.

Namun di Universitas/ di sekolah-sekolah lain menganggap pemikiran adalah sebuah  keindahan menjadi esensi dari kesempurnaan manusia, tidak hanya kecantikan fisik, yang tidak signifikan, tetapi keindahan spiritual dan moralitas yang tinggi. Ini adalah kepercayaan dasar dari Mereka yang mengatakan kebenaran adalah baik karena itu adalah indah. BAIK! kata tersebut diterapkan pada indra serta intelekualitas.

Pengetahuan adalah dasar untuk mereka yang mencari kesempurnaan karena itu adalah indah, dan lawannya adalah, yaitu ketidaktahuan ( Buruk). Kekuatan dan kelemahan, juga, datang di bawah kategori yang sama. Dalam etika Pemikiran Sokrates semuanya didasarkan atas keindahan intelektual atau keburukan. Puisi, seni dan orisinalitas berarti untuk menciptaan keindahan, dan pencipta keindahan harus cantik dari dirinya untuk dapat menciptakan keindahan. jadi hanya jiwa yang indahlah yang  bisa membuat sebuah puisi yang sangat indah atau melukis gambar yang indah.

Sekarang mari kita lihat apakah Islam berpikir tentang pandangan ini. Apakah Islam setuju dengan pertanyaan tentang 'kebenaran' sebagai kesempurnaan? Kita tidak bisa sepenuhnya menerima pandangan gnostik. Bagi Islam Allah bukanlah Pencipta dalam arti perumpaan orang tua merka (ayah) seperti yang mampu berprokreasi makhluk lain. Jika demikian, apakah Dia setelah menyelesaikan tugas penciptaan? Apakah Dia seperti seorang ayah yang memiliki anak, atau penyedia mata pencaharian untuk makhluk, atau menurut  ukuran kekuatan pandapat Aristoteles?

InshaAllah Logika Islam tentang Tuhan jauh lebih tinggi dari itu! Tidak ada yang dapat dibandingkan dengan-Nya. Jika dia adalah 'Realita', maka hal-hal lainnya adalah "fatamorgana", atau 'bayangan'. Al-Qur'an mengatakan (24; 35): "Allah adalah cahaya langit dan bumi," Artinya, Dia adalah apa yang Dia, dan hal-hal lain, juga, dapat diatribusikan kepada-Nya. Referensi lain Allah dalam Al-Qur'an menunjukkan bahwa Ia adalah 'kebenaran absolut. "Sekali lagi Al-Qur'an mengatakan (41: 53):" Kami akan segera menunjukkan kepada mereka tanda-tanda kita di dunia dan dalam pikiran mereka untuk meyakinkan mereka bahwa Al Qur'an adalah benar. "

Bahkan, ketika seseorang memiliki iman kepada Tuhan, segala sesuatu yang lain tidak berkurang apa-apa bagi Tuhannya,  setelah seorang mengenal Allah, atau menganggap sesuatu baik sebagai tujuannya. iman dalam Islam lebih tinggi dari segala kemungkinan perbandingan dengan pembuat lainnya tetapi Allah, kebenaran dan realitas sebelum apa-apa yang tidak bisa dianggap benar dan nyata pikiran kita (laisya kamistlihi syai-un).

Tapi bagaimana dengan kebijaksanaan?.. banyak yang mengklaim oleh seseorang yang bijak, oleh karena itu penting dalam Islam? Prinsip kebijaksanaan, yaitu, pengakuan dari fakta-fakta seperti mereka, dapat diterima dalam Islam. Al-Qur'an mengatakan (2: 269): "Dia akan memberikan berkah kebijaksanaan kepada siapapun yang Dia kehendaki, dan ia yang menemukannya, menerima kebaikan yang banyak." Bagaimana kita bisa menafsirkan ayat ini? Kebijaksanaan disebut berkah untuk manusia, dan hampir setara dengan kesempurnaan, dan tidak hanya sesuatu yang berguna. Kebijaksanaan juga, adalah serupa, yaitu keadilan sosial, Tentu saja terkait dengan kesempurnaan individu mengenai keadilan moral. Islam percaya di moderasi sehubungan dengan kekuasaan dan naluri, dan menolak ketidakadilan.

Namun mengenai 'cinta' dalam Islam, apa lagi yang dapat dikatakan dari tradisi berjudul "kebaikan dan kasih sayang Bersama", Nabi (SAW) meminta para sahabatnya: "Apa pegangan iman yang kuat?" Masing-masing memberikan jawaban yang berbeda, Satu kata 'doa', yang lain mengatakan 'puasa' atau 'haji', dll Dia mengatakan: "Apa yang Anda katakan itu benar, tetapi tidak satupun dari mereka adalah yang benar!" tanyakan Mereka: "Apa itu kemudian? " beliau menjawab: "Mengasihi orang lain/sesamanya hanya karena Allah."

Adapun  pertanyaan tentang 'ibadah Al-Qur'an mengatakan (51: 56): "Aku tidak menciptakan malaikat, jin dan manusia kecuali untuk menyembah aku," Jadi, ibadah disajikan sebagai tujuannya, tentu saja, ada beberapa yang tidak percaya dalam hal ini?..Karena Kita tak sadar telah menghabiskan beberapa waktu untuk membahas pandangan yang menjunjung tinggi nilai keuntungan materi di atas segalanya! melibatkan negoisasi dari kesempurnaan manusia dan keberadaan makhluk yang sempurna.

Ini telah menjadi program pikiran manusia sejak abad waktu sekarang ini. Hari ini bahwa klaim diajukan bahwa masyarakat telah maju dan berkembang, dan suatu pertanyaan dimana masyarakat lebih sempurna?
Apakah salah satu adalah realitas atau iman?
Ataukah salah satu yang telah mencapai kebijaksanaan dan keadilan ataukah cinta?
Banyak mengatakan: "Tidak, itu adalah sebuah masyarakat yang dapat keuntungan hal duniawi yang lebih, teknik yang lebih, dan ilmu pengetahuan , juga semua yang telah memberikan manusia dengan hidup yang lebih layak dan bermanfaat secara ukuran nilai material yang lebih besar."

Seperti yang kita lihat, kita semua telah terbiasa degan cara-cara tersebut dan hampir nyaris dikatakan pembenaran, tidak lebih dari apa yang dinikmati  sama seperti hewan dan tanaman untuk tingkat menjaga kesehatan tubuh dan pertumbuhannya, dan melayani nafsu dan selera. Jadi tidak adakah kesempurnaan manusia melampaui kesempurnaan hewan dan nabati yang hanya untuk senjata bertahan hidupnya?

Sekarang mari kita perhatikan ibadah.
Pertanyaannya adalah untuk  apa ibadah itu ?
Ada dua cara untuk melihat hal itu. Bagi orang terbiasa ibadah yang benar adalah untuk mendapatkan karunia yang lebih baik dari Allah SWT berupa nilai-nilai syukur/keihklasan dan kebaikan lebih dari dunia dan seisinya. yang kedua adalah mencariPengharapan/penghargaan dunia ini yang serba terbatas, sehingga ibadah memberikan harapan untuk kompensasi yang lebih demi untuk kehidupannya, termasuk mencari surgawi dunia, serat pernak-pernik kenikmatannya.


Tapi sesungguhnya ibadah memiliki makna lain, Hal ini tidak hanya menyembah belaka dari seorang hamba kepada Tuannya, tetapi sarat dengan makna terbebasnya belenggu hawa nafsu kita dan mulia disisi mahluknya. Dalam kedua jenis manfaat ibadah tidak pernah mengamankan tujuan, juga bukan dalam artian pembebasan dari penderitaan fisik dan materi. Hal ini sama dengan nafsu binatang, Ini adalah ibadah semata-mata karena penuh makna untuk demi cinta, kasih sayang dan rasa syukur kepadanya.
Jenis ibadah mengasumsikan posisi yang tinggi, karena tidak berarti, tetapi tujuan itu sendiri.

Jadi tahapan yang berbeda dari ibadah: ada seseorang ibadah untuk memuaskan keinginan nafsu seperti hewan di dunia ini berikutnya adalah semacam kesempurnaan mahluk yang diciptakan lebih dari hewan serta mahluk lainnya (ciri manusia sebagai khalifah di bumi ini yang dilebihkan dari mahluk lainnya) dan tidak adanya pengharapan karena untuk hal-hal bersifat nafsu materi (mutlak sujud, patuh dalam gerakan irama ibadah lahir dan batinnnya) karena itu ibadah tergantung kepada iman dan iman tergantung pada kebenaran dalam prilaku hidupnya nbaik lahir maupun batinnya. dan sejak Islam telah datang kedunia ini untuk menghapuskan kebodohan, perbudakan orang, hati, tujuan yang tidak benar dan hanya untuk membebaskan dari perbudakan material untuk mencapai  kebijaksanaan, keadilan, cinta kasih serta keindahan.


Tujuannya adalah kebenaran yang haqiqi, yaitu Allah  SWT.  dalam sisi Tauhid yang benar Islam memiliki memiliki makna ini. Jika dalam islam di bahas tentang tujuan-tujuan yang lain seperti surga, atau  terbebas dari neraka, itu adalah hanya untuk kepentingan sekunder. dan keimanan sangat penting karena pengaruhnya  dalam menghilangkan kecemasan, menghadapi tekanan, dan menciptakan rasa saling percaya? Iman kepada  Allah adalah sebagai tujuan utamanya. dengan memiliki iman yang baik maka membuat hubungan manusia dengan Tuhannya semakin baik, dan kesempurnaannya adalah dari sudut pandang Islam tentang memahami makna ibadah.

Source  : Dari berbagai sumber.

Catatan :
kaum gnostik ( catatan Penulis: adalah istilah ilmiah untuk satu keyakinan agama dan praktik spiritual umum untuk Kekristenan awal, Helenistik Yahudi,Yunani-Romawi agama-agama misteri, Zoroastrianisme, Neoplatonisme,Karakteristik umum dari beberapa kelompok-kelompok ini adalah ajaran bahwa realisasi Gnosik pengetahuan esoterik atau intuitif adalah cara untuk keselamatan jiwa dari dunia materi. Mereka melihat dunia material sebagai yang diciptakan melalui perantara yang pencipta dunia daripada langsung oleh Allah),

ShareThis