Tips Penurun Tekanan Darah Tinggi

07 May 2012


Inilah Kosumsi untuk menurunkan Darah tinggi :

Cabai. Cabai memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Selain dapat membangkitkan semangat, hasil penelitian baru-baru ini yang dirangkum dalam Jurnal Cell Metabolism menunjukkan bahwa capsaicin, yang membawa sensasi pedas pada cabai, ternyata dapat menurunkan tekanan darah.

Pisang. Dalam sebuah penelitian di Jurnal Hypertension yang diterbitkan tahun 2005, makanan-makanan yang mengandung kalium terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Makanan-makanan tersebut bahkan jauh lebih baik ketimbang suplemen-suplemen yang mengandung kalium. Peneliti dari St. George's Medical School di London membuktikan bahwa orang-orang yang menkonsumsi kalium sitrat yang terdapat secara alami di makanan, memiliki efek yang sama dengan mereka yang mengkonsumsi klorida yang hanya terdapat di suplemen. Kedua zat tersebut memiliki efek menurunkan tekanan darah. Secara alami, kalium dapat diperoleh dari pisang dan kacang-kacangan.

Olahan Kacang Kedelai. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, makanlah tahu, tempe dan berbagai olahan kacang kedelai lainnya. Studi yang dipresentasikan oleh American College of Cardiology dalam rapat tahunan mereka membuktikan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi isoflavon, memiliki tekanan darah yang lebih rendah ketimbang mereka yang jarang mengkonsumsi zat ini. Isoflavon adalah senyawa yang banyak terdapat dalam kedelai, termasuk tahu dan tempe, serta kacang dan juga teh hijau.

Semangka. Semangka ternyata tidak hanya mampu menyegarkan, tetapi juga mengandung banyak nutrisi, termasuk serat, likopen, vitamin A, dan juga kalium. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Florida State University ternyata menunjukkan bahwa asam amino bernama L-sitrulin/L-arginin, yang ditemukan dalam semangka, dapat memberi efek menurunkan tekanan darah. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi zat ini secara rutin akan mengalami penurunan tekanan darah dan juga berefek baik pada kesehatan arteri.

Kismis. Penelitian terbaru dari Louisville Metabolic and Atherosclerosis Research Center menunjukkan hasil bahwa mengudap kismis tiga kali sehari dapat menurunkan tekanan darah Anda hingga menjadi normal kembali. Para peneliti masih belum yakin apa yang menyebabkan kismis memiliki efek yang begitu besar terhadap penurunan tekanan darah. Tetapi kismis terbukti kaya nutrisi, kalium dan juga mengandung antioksidan, serat, polifenol, dan asam fenolik.


[Tika/Mizan.com/Diolah dari Huffington Post]


ShareThis