Tips untuk mencegahan Penyakit flu

07 May 2012




Di musim penghujan seperti saat ini, wabah flu bisa dengan cepat menjangkit dan membuat orang terganggu dalam beraktifitas. Lebih dari itu, flu yang sering dianggap remeh ini, sebenarnya bisa menjadi penyakit yang berbahaya, jika tak ditangani secara serius. Bahkan di Spanyol, pada awal abad ke-20, wabah flu pernah menelan ratusan ribu korban jiwa. Sebab, flu bisa berkembang menjadi berbagai penyakit serius lain, seperti demam, tipus, infeksi THT dan paru-paru serta penyakit serius lainnya.

Padahal, jika Anda cermat, sebenarnya flu sangat mudah untuk dicegah. Kunci utama mencegah flu adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga itu berarti Anda telah mengurangi kemungkinan masuknya virus ke dalam tubuh.

Hindari Paparan Dingin. Ketika gejala flu sudah mulai muncul, ada baiknya Anda hindari hal-hal yang bisa membuat Anda merasa dingin, seperti air mandi yang dingin, ruangan berpendingin, minuman dingin, angin, dll. Sebab, ketika suhu tubuh dingin, maka daya tahan tubuh akan lemah, yang kemudian akan menjadi 'pintu masuk' bagi flu dan penyakit-penyakit lainnya.

Cuci Tangan Sesering Mungkin. Jari dan tangan adalah sumber pertama dan utama perpindahan virus dari orang lain atau pun dan lingkungan tempat kita melakukan aktivitas. Tangan selalu bersentuhan dengan benda-benda yang disentuh banyak orang, seperti gagang pintu, meja, gagang telepeon, tombol lift, lembaran uang, dll. Benda-benda itu tidaklah terjamin kebersihannya, karena banyak orang yang menyentuh sebelumnya. Dari sanalah virus akan berpindah ke jari dan tangan, lalu masuk ke dalam tubuh. Karena itu, sebaiknya, sebagai langkah pencegahan, cucilah tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebanyak beberapa kali dalam sehari. Khususnya setelah melakukan kegiatan atau kembali dari luar ruangan. Jangan salah! Kegiatan yang terlihat sederhana ini dapat secara efektif membantu Anda untuk terhindar dari flu.

Tingkatkan Imunitas. Tingkatkan imunitas dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi adalah pilihan terbaik jika tubuh Anda mulai merasakan gejala-gejala flu. Konsumsi sayur mayur sangatlah penting, meskipun tidak cukup sampai di situ saja. Perbanyak juga konsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti susu, telur, dan daging.

Rutin Berkumur. Hidung dan rongga mulut adalah dua jalur masuknya virus flu ke dalam tubuh. Karena itu, menjaga kebersihan hidung dan mulut menjadi sangat penting untuk menghindari terjangkitnya flu. Rajin-rajinlah berkumur, khususnya setelah beraktivitas di luar ruangan. Anda bisa berkumur dengan seduhan daun sirih (yang memiliki daya antiseptik), obat kumur yang ada di pasaran, atau cukup dengan air hangat. Selain berkumur, jangan lupa untuk untuk menggosok gigi, karena rongga mulut yang kotor akan memperlemah daya tahan tubuh.

Istirahat Cukup dan Hindari Begadang. Kurangnya waktu beristirahat dan tidur yang tidak nyenyak dapat membuat tubuh semakin rentan terserang virus, khususnya flu. Jika gejala awal flu, seperti badan terasa pegal, kepala terasa pening, mulai bersin dan batuk-batuk kecil, sudah mulai terasa, segeralah berisitirahat dengan maksimal.

By : [Tika/Mizan.com/Diolah dari Kompas.com]

ShareThis